Judul

SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Mewujudkan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR...... " Satukan Tekad Raih Prestasi " .Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi "Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama.

ALBUM FOTO KEGIATAN SMP NEGERI 4 KARANGANYAR KABUPATEN .NGAWI

Saturday, November 10, 2018

SCREENING KESEHATAN SISWA SMPN 4 KARANGANYAR OLEH UPT PUSKESMAS KARANGANYAR BERJALAN SUKSES DAN LANCAR


Postingan ini ditulis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November sekaligus Ucapan Selamat HKN 54 dan Ucapan Terima Kasih Keluarga SMP Negeri 4 Karanganyar Ngawi kepada UPT Puskesmas Karanganyar Ngawi.
Adapun Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 yaitu “Aku Cinta Sehat”, Sedangkan subtema HKN 2018 adalah,“Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Hidup Sehat Mulai Dari Kita
"Ayo hidup sehat, mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini,".
"Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," kata dr. Siswanto, MHP., DTM. selaku kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang saat ini sebagai Ketua Umum HKN Ke 54 tahun 2018

Program Indonesia Sehat
"Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,"ungkap menteri kesehatan, Prof. Dr.dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) dalam sebuah kata sambutan yang diterbitkan dalam buku panduan HKN ke 54.
Ia menambahkan," Saya menghimbau masyarakat agar membiaskan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)."

Screening Kesehatan SMPN 4 Karanganyar Ngawi
Dalam upaya pelayanan kesehatan Masyarakatan khususnya anak sekolah, UPT Puskesmas Karanganyar telah melaksanakan screening kesehatan terhadap Siswa-siswi SMP Negeri 4 Ngawi, yang setiap tahun rutin dilaksanakan. Screening kesehatan ini dilaksanakan  dalam upaya penjaringan, pemantauan, serta penyuluhan kesehatan  

Trias UKS
Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  di sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.
Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS.

Pengisian Kuesioner
Pengisian kuesioner oleh siswa didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisisn delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.


Terima Kasih Kepada UPT Puskesmas Karanganyar Ngawi yang telah berkenan memberi pelayanan kesehatan kepada Siswa SMP Negeri 4 Karanganyar Ngawi

Keluarga SMP Negeri 4 Mengucapkan
“ Selamat Hari Kesehatan Nasional ke 54 “
“ Ayo Hidup Sehat .... Mulai Dari Kita”


Album Kegiatan Screening Kesehatan :














Bersama Kepala UPT Puskesmas Karanganyar



Sumber :


No comments:

Post a Comment