Judul

SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Mewujudkan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR...... " Satukan Tekad Raih Prestasi " .Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi " Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama. SELAMAT DATANG DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR, KABUPATEN NGAWI, PROVINSI JAWA TIMUR....... " Satukan Tekad Raih Prestasi "Menjadikan Generasi yang Mandiri, Cerdas , Terampil, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Taat beragama.

ALBUM FOTO KEGIATAN SMP NEGERI 4 KARANGANYAR KABUPATEN .NGAWI

Friday, August 17, 2018

GAJI PNS AKAN NAIK JANUARI 2019

Januari Tahun 2019

Pemerintah kembali menunjukkan keberpihakkan pada para pegawai negeri sipil (PNS) dan para pensiunan abdi negara di Indonesia. Mulai 1 Januari 2019, gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan bakal naik rata-rata sebesar 5%.


Setelah empat tahun nggak ada kenaikan gaji akhirnya para Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dan pensiunan akan menerima kenaikan gaji. Kenaikan gaji PNS di sampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI Kamis 16 Juli 2018.

Mulai 1 Januari 2019
Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, juga memastikan kenaikan gaji tersebut mulai berlaku 1 Januari 2019. Aturan kenaikan gaji tersebut akan dicantumkan dalam Peraturan Pemerintah (PP).
Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Ditjen Anggaran, Kunta Wibawa Dasa Nugraha juga mengatakan, harusnya mulai 1 Januari sudah berlaku. Pasalnya selambat lambatnya 30 Oktober harus sudah disepakati pemerintah bersama DPR.


THR Tetap Diberikan
Kenaikan gaji pokok PNS dan pensiunan tahun 2019 rata-rata sekitar 5 persen.
Pada tahun depan pemerintah tetap akan memberikan THR dengan kandungan yang sama. Selain gaji adapula komponen tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja dalam THR PNS di 2019.
Keberpihakan pemerintah terhadap PNS juga sudah dimulai dari tahun ke tahun. Seperti pada tahun ini para abdi negara mendapatkan tunjangan hari raya (THR) yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Komitmen kenaikan gaji pokok PNS dan pensiunan 5% ini pun berlaku pada tahun depan dan akan ada penambahan anggaran.
Pada tahun depan pemerintah tetap akan memberikan THR dengan kandungan yang sama. Selain gaji adapula komponen tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja dalam THR PNS di 2019.

Hadiah bagi PNS
Kenaikan gaji PNS dan Pensiunan ini merupakan "hadiah" bagi PNS selama ini telah berkinerja baik. Ia berkaca pada peringkat Indonesia di Government Effectiveness Index yang naik dari peringkat 103 pada tahun 2015 menjadi peringkat 86 pada tahun 2016, atau naik 17 peringkat.

Orang nomor satu di Indonesia ini mengungkapkan kenaikan gaji pokok PNS dan pensiunan juga agar layanan publik semakin lebih baik, mudah, cepat, dan transparan, disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya," tutup dia.

Hal Yang Wajar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan sebesar 5% merupakan hal yang wajar.

Dia menilai, kebijakan yang berlaku mulai pada 1 Januari 2019 ini tidak ada kaitannya dengan politik. Namun lebih karena sudah tidak lama naik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan sebesar 5% merupakan hal yang wajar.

Dia menilai, kebijakan yang berlaku mulai pada 1 Januari 2019 ini tidak ada kaitannya dengan politik. Namun lebih karena sudah tidak lama naik.

"Ya karena udah empat tahun nggak ada kenaikan gaji dan ini adalah gaji pokok, menurut saya sih wajar aja," kata Sri Mulyani di komplek Istana, Jakarta, Jumat (17/8/2019).

Pemantik PNS
"Pada tahun 2019 pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiunan pokok bagi aparatur negara, serta pensiunan sebesar rata-rata 5%," kata Jokowi.
Alasan kenaikkan gaji pokok PNS dan pensiunan sebesar 5%, kata Jokowi merupakan langkah lanjutan pemerintah dalam percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian/lembaga (K/L).

Berbagai reformasi birokrasi pun sudah dilakukan pemerintah melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik seperti e-procurement, Satu Data dan Satu Peta, penguatan reformasi birokrasi, serta peningkatan kualitas layanan publik, seperti melalui Mal Pelayanan Publik.

Pemerintah akan melakukan percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian/lembaga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, mudah, cepat, dan transparan, yang disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dengan berbagai reformasi yang sudah dan akan dilakukan tersebut, makanya Jokowi menganggap PNS perlu diberi pemantik agar selalu termotivasi melakukan perbaikan birokrasi.
"Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya

Menurut catatan pemerintah selalu menaikkan gaji PNS setiap tahun mulai tahun 2007 dan berakhir di tahun 2015 silam.

Meski demikian, sebagai ganti atas gaji yang tidak naik, pemerintah telah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) atau kerap disebut gaji ke-14 mulai tahun 2016 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016.


Untuk menyiapkan kado tersebut, pemerintah pusat telah menganggarkan dana hingga Rp 6 triliun.

Selamat dan Sukses Buat PNS.....

  

Sumber :


Gambar:  Internet

No comments:

Post a Comment